catatan angin sepoi 2

Holosen berlangsung sekitar 9560 hingga 9300 SM. Tertulis di internet sebagai munculnya era manusia modern. Periode jaman es yang berjalan hingga es mencair sehingga naiknya permukaan laut. Terbentuk kepulauan Nusantara.

10.000 SM, perkiraan kehidupan awal manusia di jaman es, mulai mengenal cara-cara pertanian.

9.000 SM, kehidupan mulai beralih dari berburu dan pengumpul makanan menjadi masyarakat agraris yang menetap di satu wilayah, mulai mengembangkan peternakan hingga 7.000 SM.

Catatan selanjutnya sebagai perbandingan dengan situs purbakala Gunung Padang, sementara danau purba Bandung juga bagian situs purbakala geologi yaitu proses mengeringnya danau tersebut dari 10.000 SM hingga 1.000 SM.

Umur dari lapisan terdalam sekitar 14.500 SM

Umur dari pasir pengisi rongga sekitar 11.600 SM

Umur dari lapisan tanah urug kedalaman 4 m sekitar 7.800 SM

Umur dari lapisan kerikil kedalaman 3 m sekitar 4.700 SM

Umur dari lapisan tanah dekat permukaan sekitar 600 SM.

Tahun perkiraan situs Gunung Padang diperkirakan peninggalan tahun 4.700 SM berupa punden berundak. Sebelum tahun itu adalah situs peninggalan purbakala 10.000 SM atau 13.000 SM.

Penelitian dilakukan pada mulanya untuk kajian bencana. Menurutku bagaimana jika proses tertumpahnya air danau purba itu sebagai peristiwa bencana. Sebagai contoh bentuk sungai Citarum antara gunung Salacau dan desa Babakan Cipatik terlihat bagaikan sungai raksasa dengan tebing tinggi dan curam, dan sungai yang lebar. Seperti hasil dari dorongan arus raksasa sehingga habis air danau seketika itu.

Arkeologi adalah salah satu cara sebuah bangsa meneguhkan jati dirinya. Peneliti Stephen Oppenheimer menuliskan bahwa peradaban Indonesaia sudah sangat maju sejak 10.000 SM. 10.000 SM setara dengan jaman anak cucu nabi Adam as dimana keadaan Jawa, Sumatra, Kalimantan dan dataran Asia satu hamparan.

Piramida pertama yang dibangun di Mesir adalah piramida Djoser yang diperkirakan dibangun pada tahun 2650 SM. Piramida Giza adalah piramida utama dan terbesar yang diperkirakan dibangun pada tahun 2560 SM. Dan Sphinx agung Giza diperkirakan gambaran dari Ratu Hetephere 2, dari dinasti ke-4 yang berlangsung pada 2723-2563 SM.

Kemudian “Menyusuri Jejak Leluhur Manusia Indonesia” dan “sundaland” sebagai kata kunci.

Paleolitikum adalah jaman batu tua di Indonesia diyakini sudah ada sejak awal dengan konsep Sundaland, Wallacea, dan Sahulland dengan peradaban berburu dan berpindah-pindah hingga 5000 SM.

Mesolitikum adalah jaman batu madya di Indonesia diyakini pada kisaran antara 5000-3850 SM dengan tanda peralihan peradaban dari berburu menjadi menetap dan bercocok tanam.

Neolitikum adalah jaman batu muda dengan peradaban lebih maju hingga penemuan logam dan aksara. Dimungkinkan mengembangkan pelayaran laut, melakukan kontak dengan India dan Cina, dan mengenal aksara brahmi.

Kehidupan pada awal Masehi di Indonesia adalah era sejarah yang signifikan yang diketahui dari sumber tulisan.

Purbakala klasik adalah perhatian khusus karena sebab. Sebagai pangkalnya manusia saat ini dan juga pangkalnya bahasa dan sistem religi sebagai ciri manusia berbudaya dan beradab. Dalam konteks sekarang tentu merujuk lembaga agama.

Bahwa teori migrasi manusia di Indonesia adalah kelompok Papua sudah ada di Asa Tenggara sejak 70000 SM dari Afrika. Kedatangan kelompok Austro Asiatik sekitar 44000 SM melalui jalur Asia Tenggara dan Sumatra. Kedatangan kelompok Austronesia sekitar 5000 SM melalui jalur laut arah timur. Yang terjadi di Indonesia adalah percampuran gen antara kelompok Papua, Austro Asiatik, dan Austronesia.

Kemudian tulisan tentang “Mu (lost continent) pada en.wikipedia” perlu diperhatikan, tetapi belum menjadi ketetapan ilmiah.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s