catatan angin sepoi 4

Hidup adalah status dan perubahan status. Seperti hidupnya seekor ulat, bermula dari telur, menetas menjadi ulat, menjadi kepongpong, menjadi kupu-kupu dan berkembang biak, hingga tunailah tugas mulianya.

Kalimat tersebut mungkin bentuk pengamatan seseorang sejak masa lampau sebelum adanya agama resmi era purbakala. Dalam sastra Sunda pengamatan tersebut dinyatakan ageman. Menarik dugaan bahwa ageman dalam sastra Sunda bermetamorfosa menjadi agama dalam bahasa Indonesia. Sedangkan morfem ageman tersebut setara dengan kajian ilmiah yang menyatakan proses metamorfosis.

Agama menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan(kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia dengan lingkungannya. Dalam hal ini adalah fixed frice yang sah.

Agama dalam bahasa Arab adalah ad-din, dan dalam bahasa Inggris adalah religion.

Kajian menarik tentang agama karena status negara Indonesia berkonstitusi pada UUD 45. Ada yang salah mentafsirkan atau menterjemahkan sehingga terbentuknya Gafatar. Gubernur Jawa Tengah menyatakan bahwa soal negara adalah persatuan sedangkan soal agama adalah ajaran masing-masing.

Serangan Jakarta 2016 adalah bentuk kekeliruan dalam pemahaman agama. Ibunda pelaku teror meminta maaf kepada presiden atas anaknya, menyatakan membesarkan anak dengan baik tetapi perbuatannya begitu. Saya melihat ada yang tidak beres, menyembunyikan sesuatu dan lebih mendengar orang lain daripada ibunya.

Hukum di Indonesia merujuk pada agama dalam hal perkawinan, dan pada hukum adat di wilayah tertentu seperti suku anak dalam, Baduy dan lain-lain. Dan perkara ekonomi sangat kentara dengan ideologi. Pancasila adalah bagian dari piagam pada konstitusi, jadi kedudukannya jelas dalam negara.

Hal ini adalah pembentukan konsep negara oleh pendiri negara.

Sedangkan konsep agama bisa jadi berbeda. Begitu juga konsep ilmiah yang bicara tentang manusia purba jutaan tahun, sangat bertentangan dengan konsep agama Islam.

Jadi ini adalah bagaimana cara kita berpikir. Bagaimana cara melihat kita. Saya memperkirakan benang merah antara masa lampau dengan kekinian terutama bentuk metamorfosa dari morfem.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s