catatan angin sepoi 6

Melanesia adalah pembentukan konsep dari era terdahulu, yang masih tercatat di id.wikipedia/melanesia. Sedangkan Austronesia adalah keluarga bahasa yang persebarannya yang luas. Bahwa kajian purbakala masih sangat terbuka jika belum memecahkan misteri banjir Nuh 6000 SM. Konon, bahan material terbuat dari kayu jati purba yang hingga kini banyak terdapat di pulau Jawa. Jika ini benar terjadi maka semua teori menjadi kacau. Artinya tak ada keterkaitan antara sebelum dan sesudahnya. Dan situs gunung Padang adalah contoh peninggalan kaum nabi Nuh as yang ditenggelamkan. Merujuk pada alur cerita ini maka banjir tersebut cenderung terjadi secara global dan perahunya berlabuh di gunung Judi. Terjadi persebaran umat manusia dari situ.

Catatan saya adalah apa yang saya tuliskan bukan bentuk pemikiran pribadi. Jangan ada istilah mikiran langit, ini hanya bentuk ikhtiar dari apa yang saya baca dan mencermatinya. Kaitannya adalah perhatian budaya Sunda dan Jawa dan pembentukan morfologi yang telah terjadi ribuan tahun.

Sunda, Jawa, dan Melayu berasal dari akar budaya yang sama pada dahulu kala. Dan bahasa Indonesia merujuk pada basa Melayu. Sebagai contoh dari sudut pandang saya, sempurna dalam teks bahasa Indonesia ada kaitannya dengan sampura dalam teks basa Sunda. Sampurna tersusun dari sampura-na, arti yang signifikan adalah sampai ke suatu tempat/nirwana (konsep hidup setelah mati) atau mencapai sasaran/bidikan dalam berburu.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s